Software – Evolusi Perkembangannya di Dunia Komputer

Tak hanya manusia dan peradaban saja yang akan mampu untuk mengalami evolusi atau perubahan, ternyata perangkat lunak atau Software ini akan mengalami transisi dari masa ke masa sejalan dengan adanya perkembangan industri serta teknologi, perangkat lunak juga akan mengalami transformasi yang ada. 

Kilas dari sejarah perkembangan, selama 3 dekade pertama dari era komputerisasi tantangan utamanya adalah mengembangkan Hardware atau perangkat Keras Komputer yang akan mampu dalam mengurangi biaya pengolahan serta penyimpanan data. Nah selama dekade di tahun 1980 an, kemajuan yang pesat dari Mikro Elektronik bisa menghasilkan kemampuan komputer jauh lebih baik pada tingkat biaya yang jauh lebih rendah juga. 

Namun yang menjadi masalah saat ini adalah berbeda, tantangan utamanya sendiri dengan mengurangi biaya dan mampu memperbaiki kualitas solusi yang berbasis komputer. Dimana itu sebuah solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software. Dimana Software ini sudah menjadi perangkat lunak yang disebut sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk bisa diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. 

Evolusi Perkembangan Perangkat Lunak 

Dengan melalui Software atau perangkat lunak inilah, suatu komputer bisa menjalankan suatu perintah. Dimana pada masa ini, faktor kunci dalam keberhasilan suatu usaha bahkan akan tergantung pada kualitas dan kemampuan dari sebuah Software untuk mendukung bisnis bisa membedakan satu perusahaan dari perusahaan saingannya. Lalu bagaimana perkembangan Software dari masa ke masanya ? seperti ini kira-kira perkembangan yang bisa kalian lihat dalam dunia Software : 

Era Pionir atau Era Pertama 

Dalam era ini terdapat 3 Jenis perkembangan seperti ; 

1) Batch Orientation 

Yang aman itu merupakan sebuah orientasi yang dilakukannya setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu atau memang dilakukannya setelah data sudah terkumpul, lawan dari Batch ini adalah online atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive ini sendiri adalah dengan mendapatkan data yang selalu bisa up to date. 

2) Limited Distribution

Dimana ini menjadi sebuah penyebaran Software atau perangkat lunak yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu. 

3) Customer Software 

Dimana untuk hal ini Software yang dikembangkan berdasarkan dari kebutuhan perusahaan-perusahaan tertentu saja. 

Era Stabil atau Era Kedua 

Dalam era ini sudah terdapat 4 Jenis perkembangan seperti ; 

1) Multi User 

Yakni adanya satu sistem dimana adakn terdapat satu komputer digunakan oleh beberapa User pada saat yang sama. 

2) Real Time 

Yakni adanya suatu sistem yang mampu mengumpulkan, lalu mampu menganalisa dan mampu dalam mentransformasikan data diri dari berbagai sumber, mengontrol proses dan bisa menghasilkan output dalam mili secondnya. 

3) Database 

Yang mana itu adalah perkembangan yang pesat dari alat penyimpanan data secara online yang akhirnya mampu menyebabkan munculnya generasi pertama DBMS atau Database Management System. 

4) Product Software 

Dimana ini adalah software yang dikembangkan dan kemudian sengaja diperjual belikan kepada masyarakat luas. 

Era Mikro atau Era Ketiga 

Dalam era ini sudah terdapat 4 Jenis perkembangan seperti ; 

1) Distributed System 

Yang mana menjadi suatu sistem yang tak hanya dipusatkan pada komputer induk saja atau Host Computer, daerah atau bidang lainnya yang mana memiliki komputer dengan ukuran jauh lebih kecil dari komputer Induk. Lawan dari Distribusted ini adalah System yakni Centralized System. 

2) Embedded Intelligence 

Yang mana itu menjadi suatu product yang bisa diberi tambahan Intelligence dan biasanya akan ditambahkan Mikroprosesor yang mutakhir. Contohnya seperti Automobile, Robot, Peralatan Diagnostic Serum Darah. 

3) Low Cost Hardware 

Dimana ini merupakan sebuah harga dari Hardware yang semakin rendah saja, dan hal ini dimungkinkan karena munculnya personal Komputer. 

4) Consumer In Fact

Menjadi jenis dari perkembangan komputer yang murah akan menyebabkan banyaknya Software yang akan dikembangkan, Software ini juga bisa memberikan dampak yang besar terhadap masyarakatnya. 

Era Modern atau Era Keempat 

Dalam era ini sudah terdapat 3 Jenis perkembangan seperti ; 

1) Expert System 

Ini menjadi penerapan atas AI atau Artificial Intelligence pada bidang-bidang tertentu. Misalnya pada bidang Kedokteran, Bidang Komunikasi dan lainnya. 

2) AI Machine 

Ini sudah menjadi sebuah mesin yang nantinya bisa digunakan dalam meniru kerja sebagian otak manusia. Seperti halnya Meson Robot, Komputer Catur. 

3) Parallel Architecture 

Dimana itu adalah Arsitektur pada Komputer yang akan menunjukkan Proses kerja LAN Paralel, yang memungkinkan sekali adanya prosesor berbeda di dalam satu komputer. 

Jenis-Jenis dari Dunia Software 

|1| Sistem Software : ini merupakan sebuah sekumpulan atas program yang telah ditulis untuk bisa melayani atau mampu menunjang program lainnya. Beberapa sistem Software seperti halnya Compiler, Editor, Komponen Sistem Operasi, Driver dan Proses Telekomunikasi. 

|2| Real Time Software : yang mana dapat mengukur, lalu menganalisis dan mengontrol atas kejadian yang sesungguhnya terjadi di dunia. Elemen-elemen yang mendukung mengikuti = Komponen Pengumpulan Data – Komponen atas Analisis – Komponen Kontrol – Komponen Monitor. Dan harus bisa dicatat baik-baik, bahwa Istilah Real Time ini berbeda daripada istilah Interactive atau Time Sharingnya. 

|3| Business Software : ini adalah software yang paling banyak digunakan dalam bidang aplikasi softwarenya. Untuk perangkat lunak ini digunakan oleh manajemen untuk bisa mengambil keputusan ( Decision Making ) di dalam bidang bisnis contohnya = Dac Easy Accounting dan Finance Manager. 

|4| Engineering and Scientific Software : hal ini bisa dicirikan dengan Algoritma numerik, aplikasinya berkisar dari astronomi sampai vulkanologi dari analisis ketegangan otomatis sampai dinamika orbit ruang angkasa. Software ini akan banyak sekali digunakan dalam bidang Engineering dan Science. Contohnya seperti = CAD / CAM. 

|5| Embed Software : yang mana ini sebuah software yang akan disimpan dalam memori tetap – ROM – Read Only Memory dan nantinya bisa dengan mudah digunakan untuk mengontrol product dan Sistem Software ini bisa dijalankan dengan berbagai fungsi terbatas. 

|6| PC Software atau personal Computer  : dimana ini adalah software yang banyak sekali digunakan pada komputer Pribadi atau PC. seperti halnya = Word Processing [ WS, WP ], Spreadsheet [ Lotus, Supercalc ], Computer Graphics [ Print Shop, Print Magic ], Games [ Paoman, Loadrunner ], DBMS [ Dbase III+, Foxbase, Clipper ], Network [ LAN, Novell ]. 

|7| AI [ Artificial Intelligence ] Software :  dimaan ini menjadi sebuah software yang banyak sekali dalam menggunakan Algoritma non Numerik di dalam memecahkan masalah Kompleks yang tidak bisa dianalisis dengan analisis komputasi biasa. Saat ini bidang AI yang paling aktif adalah Expert System atau Knowledge Base System. Bidang Aplikasi lain dari Software AI menjadi sebuah pengelana  Citra dan Suara yakni Image dan Voice Pattern Recognition, Teorema Pembuktian dan permainan.