Menggunakan Software Bajakan (Mitos & Faktanya)

Untuk orang awam atau pun mereka yang masih pemula di dalam dunia komputer dan juga internet, mereka biasanya akan menganggap tidak ada bedanya antara software bajakan dan juga software original. Banyak yang juga yang berpikir jika yang bajakan dan gratis memiliki fungsi yang sama, dan tidak perlu repot-repot untuk membeli yang asli. Akan tetapi anggapan tersebut tentunya sangat salah. Terutama bisa menjadi salah satu bahaya ketika nantinya komputer terhubung ke dalam jaringan global atau internet.

Berdasarkan dengan data yang telah dipublish oleh pihak Microsoft bahwa satu dari tiga PC yang nantinya sudah terinstal software bajakan pastinya akan mengalami serangan program jahat seperti malware, yang cukup tinggi. Studi yang juga pernah dilakukan pihak Microsoft pada bulan Februari 2013, memberikan sebuah hasil mengejutkan bahwa sekitar 59% PC baru yang sudah terinstal dengan software bajakan di sbobet Indonesia sendiri sudah terinfeksi malware.

Bahaya Menggunakan Software Bajakan

Hasil penelitian yang dilakukan oleh pihak Microsoft ini memberikan sebuah penilaian juga bahwa DVD software yang bajakan yang berasal dari Indonesia memiliki resiko yang cukup tinggi, dan dapat berbahaya karena beresiko perangkat akan dapat terkena malware. Untuk memperdalam ilmu tentang bahayanya software bajakan tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa fakta menarik dibalik mitos tentang software bajakan, sebagian poin-poin tersebut juga kami kutip langsung dari Microsoft.

1. Mitos: Software bajakan memiliki kualitas yang sama dengan Asli

Faktanya adalah bahwa software bajakan dan juga software asli memang terlihat cukup serupa, akan tetapi software yang asli tersebut biasanya dirancang agar dapat berjalan dan juga agar dapat bekerja dengan optimal. Yang biasanya akan dilengkapi juga dengan beberapa sistem keamanan sehingga software asli dapat mencegah resiko pencurian identitas oleh cracker, virus dan juga berbagai macam kerusakan pada sistem program itu sendiri.

Apabila pada sebuah software asli tersedia fitur update untuk dapat meningkatkan kualitas software dari waktu ke waktu dalam perangkat tersebut. Adapun yang bajakan tidak akan ditemukan yang namanya update kedalam versi yang baru.

2. Mitos: Enaknya gratis dan aman

Menggunakan sebuah software bajakan memang dapat diakui sebagai sebuah cara untuk menghemat uang bahkan anda dapat menggunakannya secara gratis. Akan tetapi hal tersebut hanya berlangsung dalam jangka waktu pendek saja. Adapun pada jangka panjangnya justru hal tersebut dapat merugikan Anda nantinya secara finansial. Menggunakan sebuah software bajakan juga akan bisa lebih ‘mahal’ di kemudian hari. Hal itu karena software bajakan akan dapat beresiko pada keamanan perangkat dan juga data identitas anda, dan membuat kerusakan perangkat akan menjadi lebih besar.

Sekilas memang memakai sebuah software bajakan akan terlihat enak karena bisa didapatkan dengan cara gratis. Padahal dari segi keamanan, ada bahaya yang akan terus mengintai. Seperti yang dikatakan oleh Presiden Direktur Microsoft Indonesia, yaitu Bapak Andreas, bahwa dahulu saat (jaman komputer jadul) menggunakan sebuah software bajakan merupakan sebuah hal yang tidak masalah, karena paling untuk dapat bermain sebuah game Soliter.

Akan tetapi pada saat ini 90 juta orang Indonesia sudah terkoneksi dengan internet, dengan terhubungnya orang-orang tersebut secara langsung ke internet maka hal ini nantinya dapat membawa pengguna software bajakan dalam sebuah posisi yang bahayakan. Hal itu karena saat menggunakan jaringan internet, tentu ada alamat IP Address yang sama fungsinya seperti halnya sebuah alamat rumah. Nantinya IP Address yang asli akan dapat menghubungkan dengan kantor pusat si pembuat software bajakan saat nantinya menggunakan internet.

Sehingga hal tersebut benar-benar sangat berbahaya untuk sebuah keamanan dari pengguna software bajakan tersebut. Adapun dengan memakai sebuah software asli, maka ketika nantinya anda terhubung dengan jaringan internet, pemilik software asli, nantinya akan memberikan sebuah perlindungan secara berkala. Data-data Anda tidak akan dicuri.

3. Komputer Anda sedang diawasi

Resiko selanjutnya yang nantinya akan muncul dari penggunaan software bajakan adalah, komputer yang anda gunakan akan beresiko dimata-matai oleh penyusup dari pihak pembuat software bajakan tersebut. Hal itu karena ada kemungkinan virus atau pun juga malware yang akan disisipkan ke dalam software bajakan tersebut, sehingga hal tersebut benar-benar akan sangat membahayakan data-data milik Anda, yang ada di dalam komputer tersebut.

4. Merusak komputer

Software bajakan menjadi sebuah hal yang nantinya juga dapat mempengaruhi kinerja dan juga fungsi komputer serta perangkat, dimana ketidaksesuaian program dasar serta tidak tersedianya fitur update sangat dapat beresiko mengganggu performa dari komputasi perangkat seperti halnya komputer. Berbagai macam bug yang ada di dalam sebuah software bajakan, mengakibatkan terjadinya sebuah gangguan dan juga dapat menurunkan sebuah performa dari sistem komputer.

5. Garansi PC dapat dibatalkan

Garansi dapat dibatalkan karena PC yang nantinya Anda gunakan menjadi sebuah mesin yang bisa menyebarkan sebuah virus secara otomatis. Dimana ada sebagian dari software bajakan yang nantinya mengganti sistem hardisk asli dengan berbagai salinan yang tidak resmi. Sehingga dengan begitu garansi untuk komputer ataupun juga untuk laptop Anda menjadi tidak valid lagi.

6. Anda bisa dimintai uang tebusan

Sudimin Mina salah seorang ‘Software Asset Management and Compliance Director Microsoft Indonesia’, menjelaskan bahwa penggunaan software model bajakan untuk sebuah kebutuhan sehari-hari juga sangat berbahaya. Bahayanya tentu saja terserang virus malware, merusak berbagai macam file penting yang ada di komputer, mencuri data-data personal seperti halnya identitas perbankan, dan menyusup kedalam privasi keluarga dengan cara menyalakan sebuah webcam dari jarak jauh untuk mengawasi tanpa sepengetahuan para pengguna.

Bahkan, jenis virus ransomware ini juga dapat memblokir akses pengguna ke Personal Computer (PC) yang nantinya hanya dapat dipulihkan apabila pengguna membayar sejumlah uang tebusan secara online kepada penjahat siber crime. Oleh karena itu, menggunakan sebuah software bajakan, bisa juga menjadi sebuah ‘jebakan’ agar nantinya nantinya anda tidak dimintai sejumlah uang tebusan.

7. Pakai bajakan membuat kinerja komputer ngaco

Menggunakan sebuah software Windows yang anda unduh secara bajakan, tentunya akan berdampak buruk bagi kinerja dan juga bagi fungsi PC. Bisa saja nantinya PC anda akan jadi sering hang karena Windows bajakan yang sudah di install terkena virus. Hal ini yang juga akan membuat kinerjanya menjadi dobel. Akibatnya processor and RAM kerja dari komputer tersebut menjadi berat. Akhirnya membuat PC jadi sering hang atau pun juga overheat.

Demikian itulah beberapa mitos dan fakta penggunaan software bajakan dalam perangkat komputer. Lebih baik anda menggunakan software asli karena sudah dapat dipastikan terjamin keamanannya. Jangan tertarik iming-iming gratis yang akan anda dapatkan, hal tersebut malah akan dapat merugikan anda di kemudian hari.