Pengertian dan Sejarah Software

Di masa kini software berperan penting dan memberi banyak manfaat bagi hidup manusia. Terutama seiring berkembangnya teknologi dan membutuhkan aneka fasilitas demi mendukung kegiatan yang semakin terstruktur. Perkembangan software juga tidak berlangsung secara instan begitu saja. Diperlukan aneka prosedur dan kisah kegagalan yang perlu dilalui dalam terus mengembangkan hingga dapat mencapai kondisinya yang canggih di masa kini.

Seiring berkembangnya waktu, banyak software juga berkembang sesuai spesialisasi dan spesifikasinya masing-masing. Sehingga hal ini menjadi mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-harinya berkat bantuan dari aneka macam software tersebut. Di masa kini software telah berkembang dalam rangka untuk mencukupi kebutuhan manusia. Dan perkembangan software ini diberlangsungkan sesuai perkembangan yang dialami manusia, khususnya bagi membantu mempermudah banyak aktivitas orang-orang modern hingga menjadi lebih efisien serta terstruktur lagi.

Software pun memiliki sejarah dari perkembangannya. Maka dari itulah artikel di bawah ini akan membahas mengenai hal-hal seputar software yang sekiranya cukup penting untuk dapat kita ketahui. maka dari itu, selamat menyimak artikel ini ya. Dan semoga pembahasan mengenai software ini membantu pemahaman serta membuka wawasan anda seputar dunia IT dan teknologi. Selamat membaca!

Definisi Software

Software yang sering juga disebut sebagai perangkat lunak. Software ini dapat digambarkan seperti bagian inti dari sebuah perangkat digital seperti komputer maupun laptop. Jika diibaratkan seperti tubuh manusia, maka software ini mengacu pada dua bagian utama di tubuh manusia yaitu otak, atau juga dapat digambarkan sebagai bagian jantung. Sama seperti peran otak maupun jantung dalam tubuh manusia, software itu sendiri memberi peran yang besar bagi keseluruhan satu perangkat komputer. Dimana dalam hal ini disebut sebagai hardware.

Perbedaan Software dengan Hardware

Software digunakan untuk menyimpan data di komputer. Software ini tidak berbentuk, tidak memiliki wujud hingga tidak bisa disentuh keberadaannya. Software ini sendiri berfungsi dalam memberikan suatu instruksi berupa perintah untuk dijalankan oleh komputer atau laptop serta CPU sebagai perangkat yang melaksanakan perintah tersebut. Sehingga hal ini berbeda dengan hardware yang berbentuk dan bisa disentuh. Sedangkan hardware itu sendiri lebih berfokus pada wujud fisik yang menjalankan perintah aplikasi tersebut. Atau sering juga disebut sebagai perangkat tempat menyimpan data dalam berbagai jenis, termasuk software sebagai salah satunya.

Secara penyebutan kedua hal ini merupakan satu kesatuan yang bermanfaat dalam menjalankan suatu aktivitas di dalamnya. Kita tidak dapat memilih untuk membeli software saja tanpa membeli hardwarenya terlebih dahulu. Selain itu hardware itu sendiri juga tidak bermanfaat jika tidak disertai dengan software sebagai isinya. Karena tanpa software, sebuah perangkat hardware tidak memiliki kemampuan untuk dapat menjalankan aplikasi apapun di dalamnya jika tidak diinstal software. Software itu sendiri dapat disebut kedalam aneka macam program, seperti skrip, aplikasi, program komputer, hingga menjadi sebuah instruksi.

Sejarah Perkembangan Software

Software didefinisikan menjadi sebuah instruksi program yang tersimpan di dalam memori dari komputer sebagai wadah digitalnya. Di dunia modern kini, software telah disebut menjadi salah satu pendukung penting dalam hidup manusia. Keberadaannya dianggap penting karena dapat mencukupi aneka informasi serta membantu memudahkan kehidupan manusia. Selain itu software juga banyak berjasa dalam mencukupi kebutuhan informasi manusia terutama di era digital kini.

Menariknya, pengembangan software ternyata dimulai terlebih dahulu sebelum berkembangnya sebuah komputer. Bahkan sebelum komputer pertama diciptakan dan muncul keberadaannya di dunia. Seorang pencetus akan konsep software yang bernama Charles Babbage mulai merancang software sekitar pada pertengahan tahun 1800-an. Namun teori dari software ini baru pertama kali dicetuskan secara langsung oleh seorang pria lain bernama Alan Turing pada tahun 1935. Alan Turing menyampaikan akan gagasan mengenai software ini di dalam karya esainya. Namun tidak berakhir begitu saja, istilah software ini baru dilontarkan oleh seorang matematikawan sekaligus ahli statistik yang bernama John Tukey yang berasal dari Amerika pada tahun 1958. John Tukey juga menjadi seorang ahli matematika yang membahas mengenai fitur kalkulator elektronik sebagai salah satu komponen di dalam sebuah komputer maupun laptop.

Nama John Tukey lebih dikenal sebagai sosok pencetus software, dibanding dengan dua pendahulunya yang hanya menciptakan gagasan pemikiran mengenai software itu sendiri. berkat John Tukey juga, di masa modern saat ini masyarakat mengenal pembagian diantara dua bidang akademik di bidang IT yaitu ilmu komputer dan rekayasa software. Generasi pertama software mulai diluncurkan untuk digunakan di perangkat komputer baru dikeluarkan pada sekitar tahun 1940-an. Bahasa pemrograman yang kian berkembang juga memberi dampak peningkatan secara progresif dalam bidang software.

Aneka Jenis Kategori Software

Software itu sendiri dapat dibagi menjadi berbagai macam jenisnya. Hal ini dibedakan oleh para ahli berdasarkan komponen program yang tersimpan didalamnya untuk diinformasikan kepada hardware sebagai pelaksananya untuk bisa kemudian dijalankan oleh manusia. Proses ini disebut dengan istilah menginstall program software ke dalam sebuah hardware seperti misalnya komputer hingga laptop.

Pada dasarnya sebuah software atau perangkat lunak dari sebuah komputer digolongkan menjadi tiga macam jenis. Dan kemudian dalam diferensiasi dan spesifikasi pekerjaannya dapat dibedakan menjadi tiga macam jenis software secara garis besarnya. Dan inilah ketiga macam jenis kategori umum dari software.

1. Software Sistem

Software sistem ini mencakup mengenai sistem operasi dan semua jenis bagian spesifiknya yang membuat satu kesatuan komputer tersebut dapat menjalankan suatu program. Software sistem ini berperan dalam menjadi bagian dasar dalam segala macam program yang dapat dijalankan di sebuah perangkat hardwarenya. Software sistem ini meliputi jenis driver perangkat, sistem operasi (OS), compiler, disk formatter, editor teks serta aneka kesatuan di bidang-bidang lain yang dapat membuat suatu komputer dapat berfungsi lebih maksimal lagi dalam menjalankan aneka programnya. Software sistem ini berfungsi dalam mengelola komponen hardware dalam pemberian tugas, sehingga software sistem biasanya sering disebut sebagai bahasa pemrograman C.

2. Software Pemrograman

Software jenis ini menjadi perangkat dalam membantu menulis program yang dijalankan. Beberapa contoh jenis dari software pemrograman seperti compiler, linker, debugger, interpreter, serta editor teks.

3. Software Aplikasi

Software aplikasi adalah suatu software yang bertugas dalam menjalankan aneka macam tugas di dalam hardwarenya. Beberapa jenis software ini seperti contohnya suite kantor, aneka macam aplikasi game,sistem basis data, serta aneka macam software pendidikan. Software jenis ini bisa menjadi satu jenis software khusus, atau bisa juga menjadi kumpulan program kecil yang aneka jenisnya. Beberapa fungsi dari software jenis ini yang sering digunakan oleh manusia seperti contohnya dalam mengolah data, berwujud spreadsheet, dan aneka sistem manajemen basis data. Selain ketiga jenis software pada umumnya tersebut, software juga berfungsi kedalam fungsi-fungsi ini:

a. Software Sistem

Yaitu sebuah software yang bertugas dalam mengontrol sebuah sistem akan tugasnya dalam menjalankan sebuah aplikasi. Software jenis ini dapat disebut sebagai software program yang bertugas dalam memastikan suatu program untuk bisa berjalan dengan baik bagi penggunanya saat sedang beraktivitas dengan menggunakan komputer ataupun laptop.

b. Software Aplikasi

Jika software sistem menjadi software yang bertugas mengontrol serta menjalankan sebuah sistem, maka software aplikasi memiliki tugas yang berbeda. Yaitu untuk menjalankan suatu tugas tertentu di dalam yang menjadi bagian spesifik di dalam sebuah perangkat, seperti contohnya kalkulator yang dapat menghitung secara sistematis, serta aplikasi untuk pembagian gaji secara terkoordinir bagi karyawan dari sebuah perusahaan yang jumlahnya banyak.

c. Software Utilitas

Software ini menjadi jenis software umum yang biasanya selalu digunakan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan fungsi dari software tersebut begitu mendasar dan pasti banyak digunakan orang. Seperti salah satunya yang sering didengar yaitu Microsoft Office.

d. Software Presentasi

Sama seperti namanya, software ini lebih berfungsi dalam membuat materi presentasi seperti slide untuk keperluan menjabarkan suatu topik pembahasan.

e. Bahasa Software

Bahasa software ini sering disebut sebagai bahasa coding, yang juga tata bahasa bagi memerintahkan komputer untuk melaksanakan suatu program. Aneka macam bahasa software ini umumnya sangat berkaitan dengan internet. Demikianlah gambaran akan pengertian dari software serta aneka jenisnya di dalam sebuah perangkat digital seperti komputer maupun laptop. Semoga artikel ini dapat membantu akan penjelasan seputar software dan sedikit kesinambungannya dengan hardware bagi manusia. Sekian kurang lebih pembahasan mengenai dunia IT dan perangkat komputer di bidang teknologi. Semoga artikel ini bermanfaat ya.